Tips Berhemat Kumpulkan Uang DP Mobil

DP mobil menjadi tantangan sendiri bagi orang-orang yang ingin sekali memiliki kendaraan pribadi sendiri. Ketika Anda ingin sekali membeli mobil baru ataupun bekas, pastikan jika Anda sudah memiliki rencana yang matang untuk bisa penuhi kebutuhan Anda tersebut. Tidak mudah mengumpulkan uang untuk membeli mobil.

Apalagi jika Anda belum memiliki banyak tabungan. Mau tahu bagaimana tips berhemat jika ingin membeli mobil? Simak triknya ini!

Tips Berhemat untuk DP Mobil

1. Cari Tahu Biaya Kepemilikan Mobil Seluruhnya

“Berapa harga mobil itu?” adalah pertanyaan yang jauh berbeda dari “Berapa biaya yang harus saya keluarkan untuk memiliki mobil itu?” Ada lebih banyak persamaan daripada hanya harga pembelian dan biaya pembiayaan apa pun.

Pastikan Anda mengetahui gambaran yang jelas tentang total biaya kepemilikan mobil, termasuk biaya tersembunyi, untuk merek dan model tertentu yang Anda pertimbangkan. Penyusutan, asuransi, bahan bakar, pajak, biaya, pemeliharaan dan perbaikan termasuk di antara biaya yang diperhitungkan dalam kepemilikian mobil.

2. Tetapkan Anggaran Anda

Berapa banyak biaya beli mobil yang Anda mampu? Anda harus mengetahuinya untuk bisa tentukan anggaran. Katakanlah Anda mengeluarkan DP mobil Rp 20 juta untuk sebuah mobil dengan tingkat bunga 5% dan jangka waktu lima tahun, maka Anda akan menghabiskan tambahan hingga puluhan juta untuk bunga.

Jika Anda kesulitan secara finansial, Anda dapat menemukan kendaraan yang sesuai dengan anggaran dan dibutuhkan. Tidak harus bagus, namun bertahan untuk penggunaan sehari-hari. Jika Anda tidak puas dengan mobil yang Anda mampu, Anda bisa tukar tambah setelah lunas untuk upgrade. Jadikan itu sebagai prioritas dalam anggaran Anda!

3. Temukan Mobil Ideal Anda

Setelah menetapkan anggaran, Anda dapat menemukan mobil ideal yang dicari. Bukan mobil impian, ya! Mobil ideal! Mobil ideal ya yang paling sesuai dengan gaya hidup dan anggaran Anda. Sebelum Anda suka pada merek mobil favorit yang diincar, mundurlah dan lihat jenis kendaraan dan apa yang dirancang untuk masing-masing kendaraan.

Pikirkan merek dan modelnya. Dalam proses belanja mobil, kemungkinan besar Anda sudah mengidentifikasi jenis mobil apa yang Anda minati. Misalnya, Anda menginginkan Toyota Camry baru atau Anda tertarik untuk menguji coba Honda Civic, pastikan jika apa yang Anda mau sesuai dengan anggaran.

Truk, misalnya, dirancang untuk mengangkut barang dan material berat. Jadi, jika kebutuhan Anda bukan untuk mengangkut kargo berat secara teratur ya jangan membeli truk. Untuk kendaraan komuter yang baik, pilihlah jenis kendaraan yang ringkas dan hemat energi, seperti sedan, hatchback, atau hibrida.

4. Pahami Jenis Pertanggungan Yang Anda Perlukan

Jika ingin aman, setidaknya Anda memiliki asuransi mobil. Adapun jika Anda mengambil pinjaman, pemberi pinjaman atau agen leasing kemungkinan besar akan membutuhkan asuransi tabrakan dan komprehensif.

Bandingkan penawaran dari beberapa perusahaan asuransi mobil. Tarif sangat bervariasi di antara perusahaan asuransi, jadi cari yang sesuai untuk mendapatkan perbandingan apel-ke-apel.

Nah, Jika Anda memerlukan alat penganggaran, ada fitur Instan Approval dari platform SEVA yang akan membantu Anda memiliki mobil yang benar-benar Anda inginkan. Melalui SEVA, Anda bisa mengetahui model, jenis dan harga mobil yang diincar.

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa sesuaikan skema pembayarannya sesuai dengan kemampuan Anda. Pembelian mobil jauh lebih mudah dengan SEVA. Dengan masukkan DP mobil yang dimiliki dan pilih tenor, fitur calculator dari SEVA juga bisa menghitung otomatis cicilan per bulannya. Unduh SEVA, yuk!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.