Lebih Dekat Dengan Jalan Malioboro dan Tempat Menarik di Sekitarnya

Jika memilih Jogja sebagai tujuan wisata tentu tidak lengkap jika belum mengunjungi Jalan Malioboro. Kawasan Malioboro sudah tidak bisa dipisahkan dengan Jogja, jadi setiap pengunjung yang datang ke Jogja pasti mengunjungi Jalan Malioboro ini bahkan hal itu sudah menjadi kebiasaan. Malioboro juga dikatakan sebagai jantung dari Kota Jogja sehingga akan selalu ramai sekalipun pada hari-hari biasa.

 

Sekarang Malioboro sudah terkenal sebagai tempat untuk belanja oleh-oleh serta barang kerajinan khas Jogja yang berada di sepanjang jalan. Hal menarik lainnya adalah di sekitaran Jalan Malioboro ternyata banyak tempat menarik dan menjadi spot wisata kekinian di Jogja sehingga pengunjung terus berdatangan, apa saja?

 

Pasar Beringharjo

 

Jarak pasar ini tidak jauh dari Jalan Malioboro dan termasuk pasar tradisional paling lengkap yang ada di Jogja. Pengunjung bisa membeli batik, cemilan khas, hingga beberapa aksesoris dengan harga bervariasi. Aktivitas tawar menawar juga sudah menjadi hal yang biasa di kawasan pasar ini.

 

Masjid Siti Djirzanah

 

Jika ingin mampir untuk beribadah dan kebetulan sedang berada di sekitar Malioboro, maka bisa datang ke Masjid Siti Djirzanah. Masjid ini terlihat sangat cantik dengan warna biru dan yang unik adalah arsitekturnya berkaitan dengan budaya dulu di Malioboro.

 

Hamzah Batik

 

Jika ingin membeli batik yang berkualitas, di sekitaran Malioboro ada toko batik terkenal yang bernama Hamzah Batik. Lokasinya persis di depan pasar Beringharjo dan toko ini lebih nyaman karena menggunakan AC sehingga pengunjung bisa nyaman saat memilih produk.

 

Benteng Vredeburg

 

Sesuai namanya, benteng ini merupakan bangunan bersejarah dan menjadi peninggalan Belanda sebagai benteng perdamaian kala itu. Lokasinya ada di antara Malioboro dan titik nol km. Di sini akan dijelaskan mengenai sejarah sebelum zaman kemerdekaan sampai zaman order baru dengan diorama yang ada.

 

Titik 0 Km

 

Tidak jauh dari Malioboro, ada kawasan yang dikenal dengan titik 0 Km yang cocok untuk foto yang sangat instagramable karena berlatar gedung tinggi dan arsitektur yang ikonik.

 

Taman pintar

 

Di bagian timur Benteng Vredeburg terdapat Taman Pintar, sebuah area yang diperuntukkan sebagai tempat bermain sekaligus belajar khususnya di bidang teknologi.

 

Itulah tempat-tempat menarik sekitaran Jalan Malioboro, banyak penginapan yang tersedia apabila ingin bermalam di sekitar Malioboro. Cara mudah cari hotel murah terbaik di Jogja adalah dengan aplikasi Pegipegi yang memberikan daftar hotel lengkap di sekitaran Malioboro. Salah satu yang direkomendasikan yaitu Grand Malioboro yang sangat dekat dengan kawasan Malioboro agar bisa berjalan-jalan di malam hari. Hotel dengan bintang 3 ini menyediakan beberapa tipe kamar seperti superior dan deluxe mulai dari 900 ribuan saja, pesan sekarang juga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.