Mau Terjun ke Dunia Kripto? Pahami Ini Dulu!

High risk high return adalah kata yang pantas untuk kamu yang ingin investasi kripto. Kamu bisa kaya raya dalam waktu sebulan dan loss di bulan selanjutnya. Fluktuasi harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan saham, membuat investasi aset kripto menjadi hal yang perlu persiapan matang sebelum memulai. Modal yang besar tidak menjamin kamu akan mendapatkan untung secara terus menerus. Loss atau profit adalah hal lumrah yang akan ditemui sehari-hari.

Penting Sebelum Mulai Investasi Aset Kripto

Namun demikian, setiap masalah pasti memiliki solusi. Begitu juga dengan investasi pada aset kripto, ada beberapa tips dan langkah yang bisa kamu lakukan untuk  mendapatkan profit secara maksimal dan meminimalisir kerugian sebisa mungkin.

1.      Mempelajari Cara kerja Kripto dan Tujuan Investasi

Kebanyakan orang melakukan jual beli aset kripto tanpa mempelajari terlebih dahulu bagaimana cara kerja kripto baik di perdagangan spot atau pun derivatif. Dengan modal yang besar, mereka percaya diri bahwa besok, profit akan terus datang ke dalam wallet mereka. Ini mindset yang salah. Sewajarnya investasi, kita perlu menghitung profil risiko yang ada.

Pada Kripto, risiko ini tentu jauh lebih besar. Sebab, semua terdesentralisasi sehingga pada akhirnya, para pemilik modal yang akan mengatur gejolak harga. Di samping itu, ketika ingin melakukan pembelian kripto, sebaiknya kamu mempelajari project yang berdiri di belakang koin yang akan kamu beli. Apakah ada whitepaper yang sah secara hukum atau telah memiliki bukti nyata implementasinya?

Jangan terjebak pada koin yang hanya sekadar menawarkan fomo, sebab pada akhirnya kamu tidak bisa bergantung pada ekspektasi diri sendiri. Selain itu, perhatikan pula tujuan dari investasi aset kripto. Apakah untuk jangka panjang atau jangka pendek? Tentukan posisi take profit atau stop loss agar investasi bisa berjalan dengan perhitungan yang matang.

2.      Menggunakan Aplikasi Investasi Legal

Pastikan bahwa kamu melakukan transaksi jual beli aset kripto di platform yang terdaftar di BAPPEBTI dan termasuk ke dalam aplikasi legal. Sebab seperti yang kita ketahui, banyak orang yang mengirimkan uangnya ke aplikasi jual beli kripto tanpa mengetahui apakah aplikasi tersebut sudah diawasi oleh pemerintah.

Konsekuensinya, uang mereka lenyap karena dibawa kabur oleh pemilik platform atau developer. Di Indonesia sendiri, investasi aset kripto bisa dilakukan pada aplikasi Nanovest. Perusahaan yang telah berdiri sejak 2021 ini telah terdaftar di OJK. Ditambah pula, tampilannya sederhana sehingga cocok untuk kamu para trader pemula.

3.      Menggunakan Dana Dingin Bukan untuk Kebutuhan Sehari-hari

Banyak orang tergiur dengan kisah sukses para investor kripto. Mereka tidak tahu dibalik kesuksesan itu banyak usaha dan juga faktor “X” yang memengaruhi nasib yang didapatkan. Dengan proyeksi harapan terhadap kesuksesan orang lain, para investor kripto pemula pun kerap kali menggunakan seluruh modal tanpa memikirkan diversifikasi aset. Tak peduli itu uang dingin atau uang tabungan yang sudah dikumpulkan selama bertahun-tahun, semua diinvestasikan ke kripto.

Sayangnya, pasar tidak selalu bergerak sesuai harapan. Modalmu bisa hilang dalam sekejap dan kisah sukses para investor kripto cuma menjadi bayangan pahit. Jadi, mulailah investasi dengan menggunakan uang dingin yang berarti bukan untuk kebutuhan sehari-hari. Jangan pula menaruh seluruh modal ke dalam satu aset saja. Lakukan diversifikasi aset ke produk investasi lain seperti saham agar risiko menjadi kecil.

4.      Tidak tergiur Metode Titip Dana atau Robot Trading

Pernah mendengar iming-iming profit konsisten dengan metode robot trading dan titip dana? Jangan pernah dipercaya. Dua metode ini hanya membawamu ke dalam kerugian besar sebab bisa jadi uangmu dibawa kabur oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Keuntungan yang konsisten hanya bisa didapat jika kamu terjun langsung mempelajari aset investasi yang kamu beli. Pahami cara kerjanya, profil risikonya, dan tentukan kapan kamu harus take profit dan memotong kerugian secepat-cepatnya.

Investasi Kripto di Nanovest

Jika 4 hal di atas sudah bisa kamu pahami dan jalankan, kamu bisa memulai investasi aset kripto di Nanovest. Nanovest merupakan platform aplikasi kripto asli buatan Indonesia yang baru saja diluncurkan pada akhir 2021 lalu. Meski baru, namun aplikasi ini sudah membuktikan keunggulannya dibandingkan dengan aplikasi sejenis.

Di Nanovest, kamu bisa memilih lebih dari  120 aset kripto sebagai investasimu. Berbeda dengan platform lainnya, transaksi di Nanovest tidak dipungut biaya apa pun. Kamu pun bisa memulai dengan jumlah saldo yang amat kecil mulai dari Rp 5.000. Jadi, kamu bisa lakukan strategi Dollar Cost Averaging atau metode mencicil dengan jumlah uang yang sama ketika melakukan investasi agar untuk meminimalisir risiko.

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur-fitur yang dapat membantumu mendapatkan keuntungan besar. Misalnya saja fitur Alert Harga. Dengan fitur ini, kamu bisa mendapatkan notifikasi ketika terjadi penurunan atau kenaikan harga pada aset kripto. Sehingga kamu tidak ketinggalan moment untuk menjual atau menambah kripto milikmu.

Ingat, investasi itu jangka panjang, bukan kegiatan instan yang mendatangkan keuntungan dalam skala besar dan waktu yang sebentar. Jadi, nikmati saja prosesnya dan selamat berinvestasi! Jangan lupa download Nanovest untuk mendapatkan keuntungan kripto yang maksimal!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.