Kantor Akuntan Publik

Kantor Akuntan Publik Itu Seperti ?

Seperti apa ya kantor akuntan publik? Karena beberapa orang memang masih belum memahami profesi seperti ini. Jadi sebelum Anda mengetahui apa saja jasa mereka, maka wajib tahu pengertian umum untuk pekerjaan tersebut.

Definisi Akuntan Publik

Ketika dilihat secara umum sebetulnya akuntan publik ini punya pengertian menjadi sebuah profesi yang akan memberikan pelayanan berupa jasa profesional. Tentu saja telah memiliki izin resmi untuk praktek sebagai independen.

Sedangkan menurut undang-undang republik Indonesia tahun 2019 nomor 3 profesi ini punya definisi sebagai pekerjaan yang akan memberikan jasa. Diberikan kepada seluruh masyarakat luas agar bisa membantu mengambil keputusan penting.

Kemudian dalam undang-undang lain tepatnya di tahun 2011 pada nomor 5 akuntan publik sendiri juga seseorang yang tentunya sudah mendapatkan izin untuk memberikan sebuah jasa. Sebagaimana peraturan dalam UU tersebut.

Beberapa Jenis Bidang Jasa Akuntan Publik

Apabila mengklasifikasikan bidang jasa untuk kantor akuntan publik sendiri memang ada dua macam. Pertama yaitu layanan atestasi dan juga Non atestasi. Pada tipe pertama akan meliputi audit umum laporan keuangan, pemeriksaan laporan keuangan secara perspektif.

Kemudian akan memeriksa juga laporan informasi performa invoice dan juga review laporan keuangan. Sebetulnya masih ada layanan lainnya, namun juga akan tergantung pada instansi masing-masing.

Sedangkan untuk jasa non atestasi, merupakan sebuah layanan yang masih punya kaitan mengenai manajemen keuangan konsultasi, akuntansi, kompilasi dan juga urusan perpajakan.

Tugas Beserta Jobdesk Akuntan Publik

Setelah Anda mengetahui definisi peserta bidang jasa dari akuntan publik. Tentu akan sangat kurang rasanya ketika belum mengetahui apa saja tugas-tugas dari profesi tersebut. Agar memahami lebih detail, inilah ulasan singkatnya:

Ketika dilihat lebih secara spesifik, memang mereka ini memiliki tugas untuk memeriksa apakah ada kesalahan dalam laporan keuangan tersebut. Lalu dengan demikian bisa tahu kesesuaian dari standar uang di Indonesia.

Profesi ini juga punya tugas untuk membantu perusahaan dalam membuat laporan pajak. Agar nantinya bisa terhindar dari kesalahan seperti tax amnesty dan juga SPT tahunan yang memang tidak valid.

Itulah sekilas informasi mengenai penjelasan singkat tentang kantor akuntan publik. Jika memang ingin lebih terkontrol masalah keuangan bisa menggunakan jasa mereka.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.