penyebab anak tidak mau makan

3 Penyebab Anak Tidak Mau Makan yang Harus Diwaspadai

Sebagai orang tua sudah seharusnya memahami bagaimana kondisi anak saat tidak mau makan. Ada penyebab anak tidak mau makan yang harus orang tua ketahui, agar bisa segera mengatasinya. Jika tidak, hal tersebut bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Inilah 3 Penyebab Anak Sulit Makan

Layaknya orang tua, terkadang ada kondisi di mana tidak nafsu untuk makan. Begitu juga anak-anak, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan tidak nafsu untuk makan. Lebih tepatnya berikut ini 3 faktor yang dapat menyebabkan minat anak semakin berkurang.

  1. Mengalami Muntah dan Refluks

Salah satu faktor yang bisa menyebabkan anak tidak mau makan karena sedang mengalami refluks dan muntah. Perlu Anda ketahui jika refluks merupakan kondisi dimana isi perut kembali naik ke kerongkongan.

Kondisi tersebut juga bisa terjadi karena beberapa faktor. Misalnya saja seperti penggunaan popok yang terlalu ketat, makan dengan berbaring, bermain berlebihan setelah makan dan berbagai masalah pencernaan lainnya.

  1. Diare atau Sembelit

Penyebab anak tidak mau makan yang selanjutnya karena dalam kondisi sembelit atau diare. Biasanya kondisi seperti ini terjadi karena anak masih beradaptasi dengan hal-hal baru seperti susu. Meskipun sebenarnya kondisi seperti ini jarang terjadi, tapi tetap harus diwaspadai.

Jika sampai terjadi bisa menyebabkan perubahan pada nafsu makan. Selain itu, anak yang mengalami sembelit atau diare ditandai dengan tubuh lesu, sering buang air besar hingga berat badan menurun.

  1. Masalah Nafsu Makan dan Kolik

Perlu Anda ketahui jika kolik merupakan kondisi anak sedang rewel dan menangis hingga berjam-jam. Kondisi seperti ini bisa menyebabkan nafsu anak semakin menurun. Bahkan, untuk sekedar minum saja sulit dilakukan.

Sedangkan untuk mengatasi kondisi seperti ini usahakan untuk membuat bayi lebih tenang. Tujuannya agar bisa berhenti menangis dan dapat kembali normal untuk makan dan juga minum susu.

Mengetahui apa saja penyebab anak tidak mau makan bisa menjadi pengetahuan baru untuk meminimalisir hal tersebut terjadi. Mengingat makanan mempunyai peranan yang sangat penting untuk menambah tenaga anak dan membantu tumbuh kembangnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.