lacak paket

Istilah Asing yang Harus Anda Tahu dalam Cek Resi Online

Pengiriman paket akan menggunakan berbagai ekspedisi, ada beberapa istilah harus Anda pahami sehingga memudahkan dalam cek resi secara online. Hal ini dikarenakan sebagian orang masih belum mengenalnya dengan jelas sehingga cukup kesulitan pada saat melacaknya.

Istilah Asing yang Harus Anda Tahu dalam Cek Resi Online

Kegiatan lacak paket secara online sebenarnya sudah sering orang-orang lakukan dengan mudah. Tanpa menggunakan cara yang sulit, mereka pun hanya perlu mengunjungi suatu situs saja untuk melakukan pengecekan tersebut. Berikut beberapa istilah penting harus Anda tahu:

  1. HO TO HVS dan HOLD

Status HO TO HVS menunjukkan bahwa paket yang sedang dikirimkan merupakan barang berharga. Dengan begitu, maka harus diurus secara langsung oleh bagian khusus demi keamanannya. Tidak lupa juga bahwa upaya ini penting agar menjaga kenyamanan dari penerima itu sendiri.

Status yang bertuliskan hold sebenarnya menunjukkan bahwa paket Anda tengah ditahan oleh pihak ekspedisi. Namun apabila pengiriman menunjukkan tulisan berupa Hold Rusak maka diartikan jika barang tidak segera dikirim lantaran mengalami kerusakan akibat berbagai penyebab selama di jalan.

  1. Invalid Bag dan LBA (Luar Batas Antar)

Ketika Anda menjumpai status pengiriman berupa Invalid Bag, maka harap-harap cemas lantaran hal ini memang cukup menakutkan. Pasalnya paket yang sedang ditunggu-tunggu sedang masuk di tas berbeda sehingga mengakibatkan kesalahan pengiriman terutama dalam hal menemukan alamat tujuan.

Namun ketika Anda menjumpai status pengiriman bertuliskan LBA atau dikenal dengan Luar Batas Antar maka hal ini juga penting untuk diperhatikan. Pasalnya lokasi alamat tujuan yang ingin dituju berada di luar zona pengiriman dari suatu pihak jasa ekspedisi sehingga harus diketahui apa upaya yang paling tepat.

  1. On Process dan On Transit

Kedua istilah tersebut memang hampir sama namun memiliki arti yang berbeda. On Process menunjukkan bahwa paket Anda masih dalam proses pengiriman artinya masih belum berpindah dari pihak ekspedisi pertama kali setelah dikirimkan oleh pengirim. Biasanya menunggu waktu selama 1 hari.

Sementara status pengiriman yang bertuliskan On Transit diartikan bahwa paket Anda sedang dalam proses transit. Biasanya hanya berlaku pada barang kiriman antar pulang. Pasalnya akan menggunakan kendaraan seperti kapal sehingga membutuhkan waktu cukup lama daripada transportasi darat.

  1. POD dan PASC

Kedua istilah ini memang diakui masih sangat asing bagi pengguna layanan jasa ekspedisi karena tidak sering mendengarkannya. Sebenarnya ketika Anda mengetahui status pengiriman ini, maka patut berbahagialah. Pasalnya Process on Delivery menunjukkan jika paket sudah berada di tangan kurir.

Sementara PASC merupakan kepanjangan dari Processed at Sorting Center yang artinya paket telah disortir untuk kemudian siap dikirimkan ke tempat berikutnya. Biasanya status pengiriman ini akan muncul setelah hari kedua barang tersebut dikirimkan oleh penjual.

  1. Received at Origin Gateway dan Received at Sorting Center

Status pengiriman yang bertuliskan Received at Origin Gateway mengartikan bahwa paket Anda telah diterima di gudang jalur sehingga siap untuk dikirim ke lokasi berikutnya. Notifikasi ini akan sering muncul ketika barang harus melalui kirim antar pulau sebelum sampai ke tujuan.

Sementara Received at Sorting Center menunjukkan bahwa paket yang sedang Anda tunggu telah diterima di gudang sortir. Proses berikutnya adalah disortir oleh petugas baru selanjutnya dilanjutkan untuk dikirim ke lokasi pengiriman berikutnya.

Cek resi kini dapat dengan mudah Anda lakukan menggunakan situs online. Salah satunya yakni melalui Shipper yang dapat Anda kunjungi secara realtime. Selain itu juga menyediakan beberapa ekspedisi mulai dari JNE, RPX, SiCepat, TiKi, J&T, Wahana, Ninja, Lion Parcel, Express, DPEX, Go-Send, Grab Express, Paxel, SAP, POS Indonesia.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.