DAFTAR Merek Ponsel yang Tak Bisa Pakai WhatsApp per 1 November 2021, Mulai Android hingga iPhone

Inilah daftar ponsel yang tak bisa lagi memakai WhatsApp per 1 November 2021, mulai dari HP Android hingga iPhone. Sejumlah ponsel lama dipastikan tidak akan bisa lagi memakai aplikasi WhatsApp. Pasalnya, aplikasi pesan instan terpopuler itu akan menghentikan layanannya di sejumlah sistem operasi lama mulai 1 November 2021.

Dikutip dari , sejumlah ponsel yang tidak bisa lagi mengakses WhatsApp adalah HP yang menggunakan sistem operasi (OS) Android 4.0.3 atau di bawahnya. Sementara untuk perangkat iPhone, adalah ponsel yang menggunakan sistem operasi iOS 9 dan versi lebih lama. Dengan demikian, masyarakat yang masih menggunakan ponsel dengan OS di atas mau tidak mau harus meng upgrade sistem operasi di HP nya.

Jika ponselnya tidak mendukung untuk upgrade sistem operasi yang lebih tinggi, kemungkinan besar harus ganti HP jika masih ingin mengakses WhatsApp. Galaxy Trend Lite Galaxy Trend II

Galaxy SII Galaxy S3 mini Galaxy Xcover 2

Galaxy Core Galaxy Ace 2 Lucid 2

Optimus F7 Optimus F5 Optimus L3 II Dual

Optimus F5 Optimus L5 Optimus L5 II

Optimus L5 Dual Optimus L3 II Optimus L7

Optimus L7 II Dua Optimus L7 II Optimus F6

Enact Optimus L4 II Dual Optimus F3

Optimus L4 II Optimus L2 II Optimus Nitro HD and 4X HD

Optimus F3Q Grand S Flex ZTE V956

Grand X Quad V987 Grand Memo Ascend G740

Ascend Mate Ascend D Quad XL Ascend D1 Quad XL

Ascend P1 S Ascend D2 Xperia Miro

Sony Xperia Neo L Xperia Arc S One Touch Evo 7

Archos 53 Platinum HTC Desire 500 Caterpillar Cat B15

Wiko Cink Five Wiko Darknight Lenovo A820

UMi X2 Faea F1 THL

Apple iPhone SE Apple iPhone 6S Apple iPhone 6S Plus

Meski WhatsApp tidak lagi mendukung sejumlah ponsel di atas, bukan berarti aplikasi perpesanan itu sama sekali tidak bisa dipakai. Masalahnya, perangkat yang tidak didukung WhatsApp, tidak akan dapat mengakses pembaruan keamanan. Hal ini membuat para pengguna HP tersebut menjadi incaran para peretas/hacker yang memanfaatkan celah kerentanan untuk mencuri data pengguna.

WhatsApp pun menyarankan pengguna untuk mengganti ke perangkat baru agar tetap bisa memakai WhatsApp sekaligus menghindari penutupan akun besar besaran. Jika tidak, pengguna tidak akan dapat lagi menikmati fungsi aplikasi perpesanan tersebut. Termasuk menghubungkan WhatsApp melalui WhatsApp Web.

Pasalnya, untuk memasuki platform, WhatsApp akan meminta untuk memindai kode QR dari aplikasi yang diunduh di ponsel. Kabar baiknya, akun yang ditutup dapat diaktifkan kembali dengan nomor telepon yang sama. Hal ini bisa dilakukan setelah pengguna mengunduh WhatsApp dan masuk dari perangkat yang lebih baru serta memenuhi persyaratan baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published.