Peraturan Permainan Bola Voli РHampir semua jenis olahraga selalu bernaung dibawah induk sebuah organisasi. Dimana organisasi tersebut lah yang pastinya akan mengatur kebijakan dan peraturan untuk membatasi semua olahraga di dunia. Begitu juga dengan bola voli, PBVSI di Indonesia dan FIVB di luar negeri adalah organisasi yang mengatur kebijakan² dalam permainan bola voli.

Seperti yang kita semua tahu olahraga bola voli sangat digemari di seluruh Indonesia bahkan dunia. Mulai dari anak kecil dewasa laki-laki perempuan kakek nenek, ibu-ibu juga menyukai bola voli. Hampir semua sekolah di Indonesia mempunyai ekstrakurikuler bola voli di sekolahnya. Agar permainan bola voli dapat berjalan lancar maka dibuatlah aturan-aturan dalam permainan bola voli seperti banyaknya jumlah pemain in penggantian pemain tinggi net berat bola dan sebagainya.

Peraturan Permainan Bola Voli Secara Umum

Peraturan paling dasar dari pertandingan bola voli semuanya sudah diatur agar permainan voli dapat berjalan lancar dan tidak sembarangan berikut aturan yang membatasi permainan bola voli:

  • Pemain bernomor 1 harus melakukan servis ketika pertandingan dimulai servis dilakukan di luar garis lapangan yang harus melewati net lawan.
  • Tim yang memainkan bola voli memiliki maksimal 3 kali sentuhan.
  • Kesempatan pemain untuk menyentuh bola hanya satu kali kecuali pemain yang telah melakukan block akan tetapi blog juga tetap dihitung sebagai sentuhan.
  • Walaupun bola keluar lapangan albola masih dapat dikejar dan dikembalikan asalkan belum menyentuh tanah.

Peraturan Permainan Bola Voli Secara Lengkap

Berikut beberapa peraturan permainan bola voli secara lengkap:

Jumlah Pemain

Jumlah pemain bola voli semuanya ada 12 orang 6 diantaranya sebagai pemain inti dan 6 lainnya sebagai pemain cadangan, setiap pemain mempunyai tugasnya sendiri-sendiri sesuai dari posisi mereka.

Kelengkapan Pemain

Setiap pemain bola voli sebelum bertanding harus mempersiapkan alat pelengkapnya seperti sepatu deker lutut dan sebagainya. Alat ini diperlukan untuk mengurangi resiko cedera pada pemain.

Perputaran Pemain Rotasi

Di dalam permainan bola voli kita mengenal adanya pergeseran pemain hal tersebut diterapkan karena para pemain memiliki peran tersendiri di dalam lapangan maka perputaran pemain tidak boleh salah apabila terjadi kesalahan maka lawan akan mendapatkan poin gratis. Perputaran pemain haruslah searah dengan jarum jam.

Ukuran Lapangan Bola Voli

FIVB membuat aturan untuk ukuran lapangan bola voli berbentuk persegi panjang yang dengan panjang 18 meter dan lebar 9 m untuk kedua tim dengan batas net. Ukuran ini tidak dapat dirubah karena sudah menjadi aturan resmi dari FIVB untuk semua jenis lapangan bola voli.

Lama Permainan Bola Voli

Olahraga voli menggunakan sistem point. Untuk menentukan pemenangnya terdiri dari 3 set dan tiap set mempunyai 25 poin yang wajib diperoleh oleh masing-masing tim jika ingin memenangkan set. Jika sudah menang 2 kali dan kalah sekali maka masih ada set ke-4 dan set ke-5 untuk menentukan pemenangnya, karena salah satu tim harus memenangkan tiga set untuk menjadi pemenang, berurutan atau tidak tidak menjadi masalah.

Ukuran Bola Voli

FIVB sudah menentukan ukuran tetap bola voli ukuran itu adalah ukuran 4 dan memiliki diameter 65 dengan berat 250 gram dengan tekanan udara 0,48 kg per cm kubik sampai dengan 0,52 kg per cm3 bola sebaiknya tidak menyakiti tangan dan menggunakan bahan yang empuk.

Jaring Net Bola Voli

Panjang net voli sekitar 9,5 sampai dengan 10 meter dengan lebar 1 meter ketinggian net tergantung dari jenis regunya untuk regu Putri memiliki tinggi net 2,2 m dan 2,4 m untuk regu putra.

Pemimpin Pertandingan Bola Voli

Pertandingan bola voli dipimpin oleh beberapa orang wasit. Dalam bola voli wasit terdiri dari dua bagian yaitu wasit utama yang bertugas sebagai pemimpin pertandingan dan wasit kedua sebagai pembantu wasit utama sedangkan wasit ketika tugas untuk mencatat score. di jajaran wasit juga ada empat linesman yang tugasnya masing-masing menjaga garis pembatas lapangan voli untuk dapat menentukan masuk atau keluar nya bola.

Jenis Pelanggaran Dalam Bola Voli

Dalam peraturan bola voli penyebab pelanggaran tidak disebabkan karena fisik saja. Kesalahan mendasar juga merupakan sebuah pelanggaran yang tidak seharusnya dilakukan. Berikut beberapa pelanggaran-pelanggaran dalam bola voli:

    • Pemain menginjak garis tepi lapangan ketika melakukan servis.
    • Secara sengaja atau tidak sengaja pemain menyentuh net.
    • Kaki melewati net garis pertahanan lawan.
    • Perlakuan over acting dan berbicara kasar pada wasit.
    • Memprovokasi lawan di beberapa kasus melakukan provokasi terhadap lawan bisa menyebabkan ganjaran berupa kartu kuning.
      saat pertandingan sedang berlangsung meninggalkan lapangan karena alasan tidak jelas.
    • Di area garis 3 m pemain menginjak garis pada saat melakukan smash.
    • Melakukan perputaran pemain dengan salah.
      Lebih dari tiga kali menyentuh bola.
    • Ketika ada smash dari musuh pemain Libero ikut melakukan blocking.
    • Biasanya saat passing atas melakukan double.

Permainan bola voli juga ada ganjaran berupa kartu kuning dan kartu merah seperti halnya pada sepak bola dan futsal. Kartu kuning biasanya diberikan kepada pemain yang melakukan provokasi kepada lawan. Kartu merah biasanya diberikan kepada pemain yang melakukan pelanggaran berat yang dapat memicu terjadinya pertengkaran dan membuat pertandingan tidak kondusif. Demikianlah artikel singkat yang berisi aturan dalam permainan bola voli, bola voli salah satu macam-macam olahraga yang banyak digemari masyarakat Indonesia.

Baca Juga:

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *