Macam Macam Olahraga Yang Populer di Indonesia

Macam Macam Olahraga – Berolahraga merupakan kegiatan yang dilakukan bertujuan untuk melatih tubuh secara jasmani maupun rohani. Sehingga jika dilakukan secara rutin olahraga dapat melancarkan metabolisme tubuh anda. Dengan begitu penyerapan gizi yang anda dapatkan dari makanan dapat tersalurkan dengan baik, sehingga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh anda.

Macam Macam Olahraga yang Populer

Jenis olahraga yang sering diperlombakan di tingkat internasional maupun nasional di Indonesia ada banyak jenisnya. Berikut jenis-jenis olahraga yang ada di Indonesia dan penjelasan singkatnya masing-masingnya.

1. Sepak Bola
Macam Macam Lari Olahraga Sepak Bola
Sumber: Pixabay

Sepak bola merupakan olahraga yang menggunakan bola dan dimainkan oleh dua tim yang beranggotakan masing-masing 11 orang. Satu di antara pemain sepak bola bertugas sebagai penjaga gawang dan yang lainnya menjadi pemain. Di mana ada yang menempati sebagai penyerang dan pemain bertahan. Sampai sekarang olahraga sudah dimainkan kan oleh eh 250 juta lebih orang yang di sekitar 200 negara sepak bola merupakan olahraga yang paling terkenal di dunia dan banyak penggemarnya.

Dalam permainan sepak bola hanya penjaga gawang yang diperbolehkan menyentuh bola menggunakan tangan tetapi itu hanya boleh dilakukan di dalam daerah gawangnya. Jika penjaga gawang menyentuh bola di luar daerahnya maka akan dapat hukuman karena termasuk salah satu jenis pelanggaran. 10 pemain lainnya hanya boleh menyentuh bola menggunakan seluruh tubuhnya selain tangan, jika ada yang menggunakan tangan maka termasuk jenis pelanggaran dan akan dapat hukuman. 10 pemain tersebut biasanya akan menggunakan kaki untuk menendang kepala untuk menyundul dan dada untuk mengontrol bola. Dalam permainan ini tim yang mencetak gol lebih banyak dibanding tim lawannya pada akhir pertandingan akan dianggap sebagai pemenang, jika skor antara 1 tim dan tim lainnya sama di akhir sampai akhir waktu pertandingan maka biasanya akan ada perpanjangan waktu jika skor masih sama akan dilanjutkan dengan adu penalti tergantung dari format kejuaraan penyelenggaraannya.

2. Bulutangkis
Macam Macam Lari Olahraga Bulu Tangkis
Sumber: Flickr

Badminton atau yang biasa disebut dengan bulu tangkis merupakan salah satu jenis olahraga raket yang yang dimainkan oleh 2 orang yang yang berbeda atau bisa juga dilakukan oleh dua pasangan pada sektor ganda. konsep permainan bulutangkis adalah dengan memukul bola atau biasa disebut dengan, pola ini harus dapat melewati di dan jatuh di net di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan dan dan an berusaha agar lawan tidak melakukan hal yang sama. Jika pertandingan telah dimenangkan melalui 2 set permainan maka pemain atau pasangan pemain dapat dinyatakan sebagai pemenang, jika pada saat pertama anda menang tapi di set kedua Anda kalah maka akan ada bapak tambahan zat ketiga yang menentukan siapa yang akan jadi pemenangnya ini disebut dengan istilah rubber game.

BWF atau badminton world federation merupakan induk organisasi internasional dari bulu tangkis, sedangkan di Indonesia induk organisasinya adalah PPSI atau persatuan bulutangkis seluruh Indonesia. bulu tangkis sering mengadakan turnamen pada macam-macam olahraga besar seperti Asian games olimpiade tahun dengan skala regional SEA games ataupun PON.

Salah satu kejuaraan bergengsi dan terkenal bulutangkis adalah England dan kejuaraan dunia. bulutangkis memiliki 5 partai yang dapat dimainkan antara lain tunggal putra tunggal putri ganda putra ganda putri dan ganda campuran.

3. Bola Basket
Macam Macam Lari Olahraga Bola Basket
Sumber: Pixabay

Bola basket merupakan cabang olahraga yang dalam permainannya dilakukan secara berkelompok. Bola basket terdiri dari 5 orang setiap timnya. Konsep permainan bola basket adalah memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke ring dari tim lawan. Pemenang ditentukan dari banyaknya tim yang dapat mencetak poin dari ring lawan. Permainan bola basket biasanya memerlukan lapangan yang lebih kecil dibanding dengan permainan sepak bola dan dilakukan di ruang olahraga. Oleh karena itu permainan bola basket sangat cocok untuk ditonton secara langsung yang tertutup. Permainan bola basket dapat dengan mudah dipelajari karena bentuk bolanya yang cukup besar sehingga bagi yang baru pertama belajar tidak akan merasa kesulitan.

4. Bola Voli
Sumber: Pixabay

 

Bola voli adalah olahraga yang dimainkan kan oleh 2 tim yang terdiri dari 6 orang di tiap timnya. Bola voli juga mempunyai variasi permainan. Variasi tersebut adalah voli pantai, perbedaannya dari voli biasa adalah pada voli pantai hanya dimainkan 2 orang saja. Sedangkan pada voli biasa dimainkan oleh 6 orang. Olahraga voli dilakukan dengan tangan tujuan utamanya adalah memukul bola melewati jaring atau net agar jatuh di bidang permainan lawan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama ma pada kita.

 

5. Tenis
Macam Macam Olahraga Tenis
Sumber: pixabay

Permainan olahraga Tenis hampir sama seperti bulutangkis. Tenis olahraga yang dimainkan oleh dua pemain untuk sektor tunggal atau antara dua pasangan untuk sektor ganda yang saling berlawanan. Raket yang digunakan oleh pemain untuk memukul bola terbuat dari karet. Tenis juga salah satu olahraga yang yang ikut dipertandingkan dalam olimpiade. Tenis dimainkan semua tingkat masyarakat di segala usia dapat memainkan tenis.

 

 

 

6. Tenis Meja

Pingpong atau yang biasa disebut dengan tenis meja adalah olahraga yang dimainkan oleh 2 orang. Baik untuk permainan dua pasangan pada sektor ganda secara berlawanan maupun permainan tunggal. Tenis meja ini menggunakan bat, bat sendiri adalah raket yang terbuat dari kayu yang dilapisi oleh bahan karet di luarnya. Dalam permainan bola tenis kita juga membutuhkan sebuah bola pingpong dan lapangan permainan yang berbentuk meja dan ada ada di tengahnya. PTMSI atau persatuan tenis meja seluruh Indonesia adalah induk olahraga tenis meja di Indonesia sedangkan di dunia adalah ITTF international table tennis federation.

7. Atletik

Atletik merupakan salah satu olahraga yang dipertandingkan di ajang internasional yang bergengsi seperti olimpiade atau Asian games. Atletik dibagi menjadi beberapa nomor pertama adalah lempar, kedua lari, ketiga jalan. dan yang terakhir adalah nomor lompat. Atletik merupakan cabang olahraga yang yang tergabung dari beberapa jenis olahraga gabungan tersebut diantaranya adalah lompat lempar jalan dan lari.

8. Dayung

Dayung adalah olahraga kayang dengan konsep menggerakkan perahu dengan cara dikayuh ke atas air dalam olahraga ini kekompakan dan ketangkasan sangat dibutuhkan agar dapat berjalan dengan baik. Olahraga ini bisa bertempat pada danau sungai maupun di laut tergantung dari jenis perlombaan yang diadakan. olahraga ini sangat membutuhkan tenaga dan stamina yang kuat keahlian individu keahlian berperahu dengan baik dan berkelompok.

Hanya ada dua macam teknik kayuhan jika mendayung sendiri yang pertama adalah dayung mundur dan yang kedua adalah dayung maju. Jika menginginkan perahu yang dapat bergerak mundur maka digunakan dayung mundur dan jika menginginkan perahu bergerak maju kedepan maka digunakan dayung maju. Untuk menggerakkan perahu yang sedang bergerak maju juga bisa digunakan dengan dayung mundur. Jika ingin membelokkan perahu ke arah kiri maka tangan kanan mendayung maju dan tangan kiri mendayung mundur dan sebaliknya jika ingin membelok ke kanan.

9. Tinju

Tinju merupakan olahraga yang yang memadukan antara seni bela diri dan olahraga. Tinju mempertandingkan 3 peserta 2 peserta dengan kelas dan berat yang sama untuk bertanding, dengan memakai tinju dalam rangkaian ronde. Rounders adalah pertandingan berinterval antara 1 sampai 3 menit. Konsep permai pertandingan tinju adalah mendaratkan pukulan ke arah lawannya dan menghindari pukulan lawan mereka ke arah kita. macam macam olahraga.

10. Berkuda

Berkuda merupakan suatu cabang olahraga yang menuntut suatu keahlian atau skill tertentu. Diantara skillnya berupa kebugaran fisik, keterampilan, konsentrasi, stamina yang kuat dan penerapan teknik-teknik berkuda yang yang baik dan benar. Jenis olahraga berkuda yang umumnya diperlombakan di Indonesia diantaranya adalah game Hana berkuda polo berkuda ketangkasan berkuda equestrian. Equestrian terdiri dari lompat rintangan endurance trilomba dan tunggang serasi

Demikianlah artikel yang membahas tentang beberapa macam macam olahraga yang ada di Indonesia dan penjelasan singkatnya, semoga bermanfaat bagi anda dan salam olahraga.

Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *